Kamis, 11 Juni 2009

Pariwisata In Solok City


Selain terkenal dengan berasnya yang enak, kota Solok Juga terkenal dengan Pariwisanya yang sangat indah dan Menyejukan mata, jadi jika anda ingin mengabiskan waktu libur atau waktu Freeday anda, ada baiknya anda ke Kota Solok, sebagai panduan saya akan mencoba memperkenalkan satu persatu Pariwisata yang ada di Kota Solok secara garis besar.
Pertama Kita akan mulai perjalanan anda dari Kota Padang tercinta, Jarak kota Padang ke Solok kira-kura kurang lebih 60 Km, ya kalau perjalanan anda dengan menggunakan alat trasportasi umum sekitar satu setengah jam, soalnya bus yang membawa anda pasti cari Penumpang selama masih berada di Kota padang, ijadi bus nya sering berhenti, tapi kalau pakai kendaraan pribadi sekitar satu jam saja, anda sudah mancogok Alias Nyampe di Kota Solok, tapi kalau anda berjalan kaki pasti ngak bakalan nyampe deh dikota solok,,soal nya jalannya mendaki bukit lewat di lembah,,hahahah, belum nyape solok saya yakin anda sudah modar alias ko'it,,sebab dengkul anda akan terasa mao lepas dari kaki anda. Just Skidding.
Dalam perjalanan anda ke Kota Solok, sekitar lima belas menit dari Kota Padang, Perubahan Cuaca akan mulai terasa, dari cuaca Kota Padang yang Angek ndak da Ojek, Capek ke Cuaca yang bikin bulu kuduk anda merinding, hahahha. berarti anda udah nyampe di Sitinjau Lawuik, tidak ada salahnya anda berhenti sejenak sambil menikmati Pemandangan Kota Padang dari Ketinggian kira-kira 1 Km diatas permungkaan laut. onde mande tusde,, Iyo Sabana Rancak. apa lagi kalo anda nyampe disana ketika senja menjelang malam, Suasana nya akan lebih Nikmat karena anda dapat menyaksikan Sang Surya Pergi Tidur Kedalam laut, alias Sunset bahasa soloknya ,ahahaha.
Berhubung Malam akan menjelang sebaiknya anda meneruskan perjalanan anda Menuju Kota Solok. Sekitar kurang lebih 4 Km dari Sitinjau Lawuik atau sekitar 15 menit perjalanan, akan akan tiba di Hutan Raya Bunghatta. disini juga bisa anda nikmati indahnya hutan yang masih asri. Selain Udaranya yang menyejukan Hati dan Jiwa, apa lagi anda bersama sang kekasih, suit,,suit,,,,disini adalah tempat yang cocok untuk memadu kasih,,hahahah alias mojok, karena tempatnya agak Gimana Gitoooe..hahaha. Woi Udah dong memadu Kasih nya,,kampan nyampenya ke Solok. hahahaha, Sekitar 20 Km dari Hutan Raya Bung Hatta anda akan tiba Di Lubuak Lasiah. Lubuak Lasiah ini udah termasuk kedalam Kota Solok, jadi Selamat Jalan Kota Padang,, Disini anda akan menjumpai Simpang Tiga, Yang Kalo Kearah Kiri akan menuju ke Alahan Panjang,Kalo Lurus Ke Solok City. Karna Sakin Banyaknya pariwisa di Solok City, saya jadi Bingung Mau Mulai dari Mana.
Ya udah anda ngak usah ikut bingung biar saya saja yang bingung,,ahahaha,Kita Mulai aja Ke arah Selatan Dulu, yaitu ke Alahan Panjang. Berarti anda mengambil belok Kanan. jangan Kiri Kalo kiri nabrak warung. hahahah. Di Alahan Panjang ini terkenal dengan Penghasil Sayur-sayuran, buah-buahan Juga, dan tak kalah menariknya disini terdapat berhektar-hektar kebun Teh yang sangaaaaaaaaaaaaaaaaaaaat Indah-indah dan sangat cocok sekali untuk menghilangkan Stress anda karena Pekerjaan yang tiada habisnya.
Alahan Panjang adalah sebuah nagari di Sumatera Barat bagian selatan, berjarak 65 km dari kota Padang. Untuk sampai ke Alahan Panjang dari kota padang kita harus melewati Sitinjau Laut yaitu jalan mendaki dan berbelok-belok. Setelah melewati pendakian Sitinjau Laut maka kita akan mengikuti jalan berbelok yang relatif datar. Di pertigaan Lubuk Selasih kita harus belok kanan. Dari sini perjalanan lebih di dominasi oleh jalan yang menyusuri pinggang perbukitan dan cendrung untuk mendaki. Sepanjang jalan ini kita akan menemui perkebunan teh di kiri-kanan jalan di samping kebun markisa yang sangat terkenal manisnya dan merupakan hasil pertanian yang banyak di usahkan oleh penduduk sekitar.

Sepanjang perjalanan dari Lubuk Selasih di sisi jalan terdapat perkebunan teh, melihat hamparan kolam besar, itulah Danau Diatas. Perjalanan diteruskan menyusuri pinggir danau. Wilayah ini telah termasuk wilayah Nagari Alahan Panjang. Di sepanjang pinggir danau kita kan melihat lahan pertanian yang di upayakan masyarakat dan biasanya di tanami kol, bawang, kentang, markisah, tomat,cabe dan tanaman hortikutura lainnya. Itulah produk unggulan wilayah ini yang mana hasil produksinya turut kita nikmati bagi yang bertempat tinggal di Palembang, Jambi, Pekan Baru, Lampung, Jakarta dan kadang-kadang sampai ke Bandung. Alahan Panjang terletak di atas bukit barisan pada ketinggian 1400-1600 m dpl. Berhawa dingin.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar