Rabu, 10 Juni 2009

Sekilas About Solok City


Solok Nan Indah,,,julukankan tersebut memang sangat cocok diberikan kepada sebuah Kota kecil di Provinsi Sumatera Barat. Kota solok memang meiliki alam yang asri.

Kota Solok terletak pada posisi 0º32" LU - 1º45" LS, 100º27" BT - 101º41" BT dengan luas 57,64 km² (0,14% dari luas Provinsi Sumatera Barat). Wilayah administrasi Kota Solok hampir keseluruhannya dikelilingi oleh beberapan Nagari pada Kabupaten Solok. Kota Solok memiliki peran sentral di dalam menunjang perekonomian masyarakat Kota Solok dan Kabupaten Solok pada umumnya. Topografi Kota Solok bervariasi antara dataran dan berbukit dengan ketinggian 390 dpl serta curah hujan rata-rata 184,31 mm kubik per tahun. Terdapat tiga anak sungai yang melintasi Kota Solok, yaitu Sungai Batang Lembang, Sungai Batang Gawan dan Sungai Batang Air Binguang. Suhu udara berkisar dari 26,1ºC sampai 28,9ºC. Dilihat dari jenis tanah, 21,76% tanah di Kota Solok merupakan tanah sawah dan sisanya 78,24% berupa tanah kering.

Kota solok terkenal dengan berasnya yang enak,,,seperti lagunya Beras Solok walau cuma makan dengan "Samba Lado" (sambel),,,sampai-sampai mertua lewatpun ngak kelihatan,,hahahahaha...coba bayangin deh,,gimana enaknya beras solok ...untuk mengetahui lebih detail,,saya akan coba jabarkan satu persatu...itupun sejauh pengetahuan saya...

1 komentar:

  1. bagus.. keren.. sambung lagi donk.. masak cuma pariwisata yang di Solok Selatan aja..
    Utara, Barat n Timur juga kan kita masih pengen tau,,,
    otre,.. Camphage Solok..

    BalasHapus